Info Bola, Ajang Berita – Daftar Pemain yang Mencatat Rekor di Piala Eropa 2020. Gelaran Euro 2020 baru saja dimulai. Namun, rekor demi rekor terus tercipta pada turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa ini.

Ada sejumlah rekor membanggakan seperti sukses Marek Hamsik mencatatkan nama sebagai pemain yang paling lama membela tim nasionalnya pada rangkaian Piala Eropa. Pemain Slovakia ini mencatatkan 41 laga membela tim nasionalnya di Piala Eropa sejak gelaran Euro 2008.

Selain itu, Timnas Spanyol juga mencetak rekor membanggakan pada ajang ini. La Furia Roja mencatatkan penguasaan bola sebesar 85,1% pada laga kontra Swedia. Ini merupakan persentase tertinggi penguasaan bola sebuah tim pada putaran final Piala Eropa.

Di sisi lain, ada juga rekor buruk yang juga tercipta. Catatan yang ditorehkan Grzegorz Krychowiak misalnya. Pemain asal Polandia ini menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah pada Euro 2020.

Selain rekor-rekor tersebut, ada sejumlah rekor lain yang juga terjadi pada lanjutan gelaran Euro 2020 ini. Siapa saja yang mencetak rekor sejauh ini? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Patrik Schick

Gol kedua Patrik Schick pada laga kontra Skotlandia dicetak pemain Republik Ceko ini dari jarak 49,7 meter. Ini merupakan gol terjauh yang pernah tercipta dalam sejarah putaran final Piala Eropa. Ia mengungguli catatan yang dibuat Torsten Frings, yang mencetak gol dari jarak 38,6 meter ke gawang Belanda pada Euro 2004.

Gol Schick ini juga menjadi yang terjauh dalam sejarah turnamen besar, Piala Eropa dan Piala Dunia. Catatan ini mengungguli gol yang dicetak David Villa ke gawang Chile pada Piala Dunia 2010 (43 meter) dan Keisuke Honda ke gawang Denmark pada Piala Dunia 2010 (41 meter).

  1. David Marshall

Marshall menjadi pemain tertua Skotlandia di putaran Piala Eropa. Ia berusia 36 tahun dan 101 hari kala tampil menghadapi Republik Ceko.

Catatan ini juga menempatkannya di urutan kedua dalam daftar pemain tertua yang membela Skotlandia di dua turnamen akbar, Piala Dunia dan Piala Eropa. Urutan pertama dalam daftar ini ditempati Jim Leighton, yang berusia 39 tahun kala tampil di Piala Dunia 1998 lalu.

  1. Wojciech Szczesny

Szczesny menjadi kiper pertama yang mencetak gol bunuh diri sepanjang sejarah putaran final Piala Eropa. Penjaga gawang asal Polandia ini juga menjadi kiper keempat yang mencetak gol bunuh diri dalam dua turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia).

Ketiga kiper lain yang juga mencetak gol bunuh diri pada dua turnamen besar tersebut adalah Andoni Zubizarreta (Timnas Spanyol, Piala Dunia 1998), Noel Valladares (Timnas Honduras, Piala Dunia 2014), dan Yann Sommer (Timnas Swiss, Piala Dunia 2018).

Szczesny juga mencetak rekor lain pada gelaran Euro 2020 ini. Gol yang dicetak kiper Juventus ini pada menit ke-18 merupakan gol bunuh diri tercepat sepanjang sejarah putaran final Piala Eropa. Sebelumnya, rekor dipegang oleh pemain belakang Kroasia, Igor Tudor, yang mencetak gol pada menit ke-22 di ajang Euro 2004.

  1. Pedri

Pedri mencatatkan namanya dalam daftar pemain yang mencetak rekor pada ajang ini. Penggawa Barcelona ini menjadi pemain Timnas Spanyol termuda yang tampil di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia). Pedri berusia 18 tahun dan 201 hari kala tampil menghadapi Swedia.

Rekor pemain termuda yang tampil untuk Timnas Spanyol di turnamen besar sendiri sebelumnya tercatat atas nama Cesc Fabregas. Fabregas berusia 19 tahun dan 41 hari kala tampil kontra Ukraina di Piala Dunia 2006.