April 25, 2024
Daftar Tim Nasional yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

Info Bola, Ajang Berita – Daftar Tim Nasional yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022. Daftar 13 negara peserta Piala Dunia 2022. Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar akan diikuti oleh 32 negara. Sejauh ini, baru ada 13 negara yang sudah pasti lolos termasuk tuan rumah Qatar.

Negara-negara yang berada di zona UEFA mendapat jatah ke Piala Dunia paling banyak, 13. Sementara, negara dari zona CAF atau Afrika punya jatah lima slot langsung ke Piala Dunia 2022.

Sejauh ini, baru negara-negara zona UEFA yang merampungkan babak kualifikasi. Sudah ada 10 negara dari zona UEFA yang dipastikan lolos dan tiga lain akan berjuang lewat babak play-off.

Serbia dan Swiss membuat kejutan dengan lolos otomatis ke Piala Dunia 2022. Mereka menyisihkan Portugal dan Italia pada fase grup. Lantas, negara mana saja yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022?

Qatar (tuan rumah)

Qatar lolos tanpa babak kualifikasi. Sebab, Qatar adalah tuan rumah. Bagi Qatar, Piala Dunia 2022 sekaligus akan menjadi debut mereka dalam berebut trofi Jules Rimet.

Qatar, sebagai tuan rumah, nantinya akan mendapat undian di Grup A. Qatar juga dimasukkan dalam pot unggulan. Jadi, Qatar mungkin akan terhindar dari lawan-lawan sulit lain dengan status unggulan pertama.

Brasil (CONMEBOL)

Brasil punya peluang meraih gelar Piala Dunia ke-6 sepanjang sejarah mereka. Sebab, mereka sudah pasti lolos ke Piala Dunia 2022, Piala Dunia ke-22 bagi Brasil sepanjang sejarah mereka.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL sejatinya belum usai. Tapi, Brasil tidak akan terlempar dari empat besar klasemen. Jadi, Brasil sudah pasti lolos, apa pun hasil yang didapat pada sisa laga kualifikasi.

Denmark (UEFA)

Denmark membuktikan bahwa performa apik mereka di Euro 2020 bukan kebetulan. Denmark tampil perkasa pada babak kualifikasi. Mereka hanya sekali kalah -sekaligus gagal menang- dari 10 laga fase grup.

Denmark meraih 27 poin, mencetak 30 gol, dan hanya kebobolan tiga gol di fase grup. Tim Dinamit bisa menjadi ‘kuda hitam' di Piala Dunia 2022 dengan skuad yang mereka miliki saat ini.

Jerman (UEFA)

Jerman menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022, selain Qatar sebagai tuan rumah. Jerman memang tampil bagus pada babak kualifikasi di Grup J. Mereka menjadi pemuncak klasemen dengan 27 poin.

Satu-satunya kejutan terjadi saat Jerman kalah 1-2 dari Makedonia Utara. Tapi, mereka tetap dominan di fase grup. Jerman mencetak 36 gol dan hanya kebobolan empat gol saja.

Prancis (UEFA)

Sang juara bertahan, Prancis, lolos ke Piala Dunia 2022. Prancis tidak mendapatkan perlawanan yang sulit dari kontestan Grup D pada kualifikasi zona Eropa. Prancis tidak pernah kalah pada delapan laga yang dimainkan.

Prancis akan memainkan Piala Dunia ke-16 mereka. Le Blues tentu akan menjadi salah satu unggulan. Mereka punya materi pemain yang mewah, tapi kegagalan di Euro 2020 bisa menjadi ‘hantu' bagi Prancis.

Belgia (UEFA)

Belgia menjadi juara grup E pada babak kualifikasi dan lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Belgia sama sekali tidak tersentuh kekalahan pada fase grup. Mereka hanya dua kali gagal menang, dalam hal ini imbang.

Romelu Lukaku dan kolega meraih 20 poin dari delapan laga yang dimainkan. Belgia unggul lima poin dari Wales yang berada di posisi kedua.

Kroasia (UEFA)

Kroasia punya peluang untuk mengulang cerita manis di Piala Dunia 2018 lalu. Sebab, Kroasia dipastikan ambil bagian pada Pala Dunia 2022 usai menjadi juara Grup H pada babak kualifikasi zona Eropa.

Kroasia bersaing ketat dengan Rusia pada fase grup. Kroasia berhadapan langsung dengan Rusia pada laga terakhir. Kroasia menang 1-0 lewat gol bunuh diri Fedor Kudryashov. Kroasia meraih 23 poin, unggul satu poin dari Rusia.

Spanyol (UEFA)

Spanyol menjadi juara Grup B pada babak kualifikasi. Tidak ada kendala yang berarti dalam perjalanan Spanyol, walau mereka sempat menelan kekalahan dari Swedia dengan skor 2-1.

Spanyol mendapatkan 19 poin dari delapan laga yang dimainkan. Swedia yang berada di posisi kedua mendapat 15 poin. Swedia kalah pada dua laga terakhir fase grup sehingga gagal memberi perlawanan ketat untuk La Roja.

Serbia (UEFA)

Serbia membuat kejutan besar untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022. Sebab, Serbia menyingkirkan Portugal lewat dua laga yang penuh drama.

Serbia sah menjadi juara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa usai menang 2-1 atas Portugal di Estadio da Luz. Gol penentu kemenangan Serbia dicetak Aleksandar Mitrovic pada menit ke-90.

Lalu, ada drama di Stadion Rajko Mitic saat Serbia menahan imbang Portugal dengan skor 2-2. Portugal mengklaim mendapat gol ketiga lewat Cristiano Ronaldo. Tapi, tidak ada VAR dan wasit tidak menganggap aksi Ronaldo sebagai gol!

Inggris (UEFA)

Qatar akan menjadi Piala Dunia ke-16 bagi Timnas Inggris. Pasukan Gareth Southgate lolos ke Piala Dunia 2022 dengan jalan yang cukup mulus. Inggris menjadi juara Grup I.

Inggris tidak pernah kalah dari 10 laga yang dimainkan (8 menang, 2 imbang). Inggris mendapatkan 26 poin, mencetak 39 gol, dan kebobolan tiga gol saja. Inggris unggul enam poin dari Polandia di posisi kedua.

Swiss (UEFA)

Jika Serbia menyisihkan Portugal, maka Swiss menyingkirkan Italia pada fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Swiss menjadi pemuncak klasemen Grup C dengan raihan 18 poin, unggul dua poin dari Italia.

Swiss tidak pernah kalah dari delapan laga yang dimainkan. Italia juga begitu. Tapi kuncinya adalah, selain imbang melawan Italia pada dua kali pertemuan, Swiss hanya tiga kali gagal menang. Italia empat kali gagal menang.

Swiss lolos ke Piala Dunia untuk kali ke-12.

Belanda (UEFA)

Belanda menjadi juara Grup G pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Belanda tampil bagus pada fase grup. Dari 10 laga yang dimainkan, Belanda hanya sekali kalah yakni saat berjumpa Turki.

Pasukan Louis van Gaal mendapatkan 23 poin, unggul dua poin dari Turki yang ada di posisi kedua. Belanda tampil sangat produktif di fase grup dengan mencetak 33 gol.

Piala Dunia 2022 akan menjadi Piala Dunia ke-11 bagi Belanda.

Argentina (CONMEBOL)

Di zona CONMEBOL, ada empat tim yang akan lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Sementara, tim yang berada di posisi ke-5 klasemen akan berjuang lewat babak play-off.

Saat ini, Argentina berada di posisi ke-2 dengan 29 poin. Argentina unggul head to head dari Peru (17 poin) yang berada di posisi kelima dan punya peluang menyamai poin mereka. Jadi, posisi Argentina di empat besar sudah pasti aman.

Lionel Messi, jika tidak mengalami hal buruk, dipastikan tampil di Piala Dunia 2022.

About Author