Info Bola, Ajang Berita – Jelang MU Vs Leeds United, Tuan Rumah Unggul Sejarah. Manchester United akan menghadapi salah satu rival tradisional mereka, Leeds United, pada laga pekan ke-14 Premier League 2020/2021. The RosesDerby ini akan dihelat di Old Trafford, Minggu (20/12) malam WIB.

Saat ini, United berada di posisi enam klasemen sementara dengan raihan 23 poin dari 12 laga. Sementara, Leeds berada di posisi 13 dengan raihan 17 angka dari 13 pertandingan.

Pertemuan kedua tim ini memiliki sejarah panjang dalam kancah sepak bola Inggris. Laga akhir pekan ini akan menjadi yang ke-109 kali bagi mereka.

Dikutip dari laman Worldfootball, Setan Merah dan The Whites pertama kali bertemu pada Championship musim 1922/1923. Dalam laga yang dihelat 20 Januari 1923 tersebut, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Bagaimana perbandingan rekor juga catatan pertemuan antara Manchester United dan Leeds United? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Perihal rekor pertemuan antara kedua tim, Setan Merah lebih unggul. Catatan mereka lebih ciamik dibanding rekor Leed United.

Sepanjang 108 kali pertemuan, Manchester United menang 47 kali dan imbang 35 kali. Sisanya, 26 laga, dimenangi Leeds United.

Soal produktivitas gol pun, Setan Merah lebih buas. Catatan gol mereka unggul telak dibanding Leeds.

United mencetak 153 gol dalam 108 laga yang telah dilakoni. Sementara, Leeds mencetak 107 gol sepanjang pertemuan dengan Manchester United.

Kendati sama-sama memiliki sejarah panjang di sepak bola Inggris, untuk urusan prestasi, United bisa berbangga diri. Setah Merah memiliki raihan yang lebih apik ketimbang Leeds.

Sejauh ini, United sudah 20 kali memenangi Liga Inggris, 12 kali meraih trofi Piala FA, lima kali menjuarai Piala Liga dan 21 kali memenangi Community Shield. Di kancah internasional pun, United sudah sudah tiga kali mengoleksi Piala Champions, sekali menjuarai Piala Dunia Antarklub, sekali menjuarai Liga Europa, sekali menjuarai Piala Interkontinental, sekali Piala Winners, dan sekali menjuarai UEFA Supercup.

Sementara, Leeds baru memiliki sembilan trofi di rak mereka. Trofi The Whites meliputi tiga trofi juara Liga Inggris, 1 trofi juara Piala FA, 1 trofi juara Piala Liga, 2 trofi juara Inter-Cities Fairs, dan 2 trofi juara Piala Super Inggris.

Dalam sepuluh pertemuan terakhir, United pun unggul telak dari Leeds United. Setan Merah menang lima kali dan tiga kali bermain imbang. Sementara, dalam dua laga sisanya, mereka menelan kekalahan.

Pada pertemuan terakhir mereka, dalam putaran ketiga Piala Liga musim 2011/2012, United menang tiga gol tanpa balas. Tiga gol United pada laga yang dihelat di Elland Road, Selasa 20 September 2011 ini dicetak Michael Owen (dua gol) dan Ryan Giggs.