Info Bola, Ajang Berita – Rekrutan Barcelona Musim Panas 2003, Ronaldinho Paling Sukses. Barcelona mendatangkan Frank Rijkaard sebagai manajer pada musim panas 2003. Manajer asal Belanda tersebut diboyong guna mengakhiri puasa title La Liga saat itu.

Buat menguatkan Barcelona, Rijkaard merekrut pemain anyar, salah satunya Ronaldinho. Dirinya diboyong dari tim Prancis Paris Saint-Germain.

Eks pemain timnas Brasil itu membantu merubah takdir Barcelona. Dia berperan sebagai pemain terbaik di dunia & memenangi Ballon d'Or pada tahun 2005.

Akan tetapi, Ronaldinho bukan satu-satunya pemain yang diboyong Barcelona ke Camp Nou pada musim panas 2003. Masih ada beberapa pembelian yang lain.

Lantas siapa saja para pemain yang diboyong Barcelona pada musim panas 2003 itu & bagaimana takdir mereka sesudah berlabuh ke tim?

6 Rekrutan Barcelona di Bursa Transfer Musim Panas 2003

  1. Ricardo Quaresma

Sempat digadang-gadang mempunyai bakat lebih hebat ketimbang Cristiano Ronaldo, Ricardo Quaresma pindah ke Barcelona dari Sporting Lisbon. Dirinya diboyong dengan banderol senilai 6,35 juta euro.

Akan tetapi, Quaresma gagal menenuhi harapan di Camp Nou. Dirinya cuma menjalani laga sebanyak 28 pertandingan & tak bertahan lama di sana.

Pemain asal Portugal hengkang dari Barcelona pada akhir musim. Dirinya lantas kembali ke negaranya dengan singgah di FC Porto.

  1. Rafael Marquez

Rafael Marquez pindah ke Barcelona dari AS Monaco. Barcelona cuma menghabiskan 5,25 juta euro buat mendatangkan pemain asal Meksiko itu.

Marquez memiliki karir yang sukses di Barcelona. Dia menjelma sebagai opsi pertama di jantung pertahanan & bisa mengamankan banyak jenis title di Camp Nou.

Eks pemain Hellas Verona tersebut tampil buat Barcelona hingga 2010. Sepanjang waktunya di tim, dia tampil dalam 242 laga & melesatkan 13 gol.

  1. Rustu Recber

Rustu Recber pernah menolak penawaran dari Manchester United & Arsenal sebelum pindah ke Barcelona. Barca mendatangkan penjaga gawang asal Turki tersebut secara cuma-cuma.

Walau dinilai sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia, Rustu Recber tidak pernah menjelma sebagai penjaga gawang nomor satu Barcelona. Dirinya mesti mengalah pada Victor Valdes mengingat tak bisa bahasa Spanyol.

Pada akhirnya, Rustu Recber cuma memperoleh tujuh pertandingan buat Barcelona. Dirinya kembali ke Fenerbahce pada tahun 2004, awalnya dengan status pinjaman & lantas statusnya berganti menjadi permanen.

  1. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst mulanya diboyong dari Arsenal dengan status pinjaman. Dirinya lantas sukses memantapkan tempatnya di Barcelona & statusnya berganti menjadi permanen pada tahun 2004.

Eks pemain timnas Belanda tersebut itu menjalani empat tahun di Barcelona. Dirinya memperoleh 154 pertandingan di seluruh ajang kompetisi buat tim.

Van Bronckhorst juga membawa Barcelona mencatat 5 title kampiun. Salah satunya ialah title Liga Champions musim 2005−06 dengan menundukkan eks klubnya Arsenal.

  1. Mario Abrante

Mario Abrante termasuk pemain yang berperan menjadi bek tengah. Dirinya berlabuh ke Barcelona dengan status pinjaman dari Real Valladolid.

Akan tetapi, Abrante tidak banyak memperoleh peluang tampil di Camp Nou. Dia cuma menjalani dua laga saja di Barcelona.

Barcelona tak meneruskan masa tinggal Abrante pada akhir musim. Pemain besutan akademi Atletico Madrid tersebut pada akhirnya kembali ke Valladolid.

  1. Ronaldinho

Ronaldinho merupakan pembelian termahal Barceona di musim panas 2003. Dia direkrut dari Paris Saint-Germain dengan bandrol mencapai 32,25 juta euro.

Ronaldinho lantas menjelma sebagai superstar Barcelona & mencatat banyak gelar juara baik di tingkat tim ataupun pribadi. Di antaranya penghargaan Ballon d'Or & satu title Liga Champions.

Eks pemain Flamengo itu memperoleh 207 pertandingan dengan melesatkan 94 gol & 71 assist. Dirinya hengkang dari Barcelona pada tahun 2008 dengan pindah klub top Italia AC Milan.