Info Bola, Ajang Berita – Timnas Italia Dominasi Tim Terbaik Grup A Piala Eropa 2020. Gelaran Euro 2020 terus bergulir. Saat ini, turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa ini sudah menyelesaikan separuh dari fase grup mereka.

Salah satu grup yang sudah menuntaskan matchday ketiga adalah Grup A. Di grup ini tergabung Italia, Swiss, Wales, dan Turki.

Dari tiga matchday, Italia dan Wales telah memastikan tiket lolos ke fase 16 Besar. Sementara, peluang Turki untuk lolos dari fase grup, termasuk sebagai salah satu dari peringkat tiga terbaik harus pupus.

Sukses Italia dan Wales lolos dari Grup A tak lepas dari apiknya permainan kedua tim ini sepanjang fase grup. Tak heran, pemain dari kedua tim ini mendominasi komposisi starting eleven terbaik Grup A versi Whoscored.

Siapa para pemain yang mengisi komposisi starting line-up terbaik Grup A versi Whoscored? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

  1. Kiper: Danny Ward (Wales)

Posisi penjaga gawang dalam starting eleven terbaik Grup A ditempati Danny Ward. Kiper Timnas Wales ini mendapat nilai 7,12 dari Whoscored.

Ward sendiri mendapat kesempatan bermain sebanyak 270 menit dari tiga laga yang dilakoni timnya di Grup A. Selama itu, ia sukses mencetak 13 penyelamatan.

  1. Bek Tengah: Alessandro Bastoni (Italia)

Bastoni terpilih sebagai salah satu pilar benteng pertahanan tim starting eleven terbaik Grup A Euro 2020. Bek tengah Timnas Italia ini diganjar nilai 7,49 oleh Whoscored.

Pada fase grup ini, Bastoni mendapat kesempatan bermain sebanyak 90 menit. Pemain berusia 22 tahun ini mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kepiawaiannya mengawal pertahanan Italia, terutama dalam menghalau serangan udara lawan. Tercatat, Bastoni tujuh kali memenangi duel udara dan melakukan sekali clearance.

  1. Bek Tengah: Chris Mepham (Wales)

Sebagai partner Bastoni, Whoscored memilih sosok Chris Mepham. Oleh laman statistik tersebut, pemain berusia 23 tahun ini diganjar nilai 7,2.

Sepanjang fase grup, Mepham sempat tampil 180 menit. Ia tampil solid dengan mencatatkan 2,5 tackle, dua kali intersep, lima kali sapuan, dan dua kali blok.

  1. Fullback Kanan: Giovanni di Lorenzo (Italia)

Di Lorenzo terpilih menempati sektor fullback kiri dalam starting eleven terbaik Grup A versi Whoscored. Pemain berusia 27 tahun ini mendapat nilai 7,0 dari Whoscored.

Sepanjang fase grup, pemain asal Napoli tersebut tampil ciamik. Tak hanya kokoh mengawal pertahanan, Di Lorenzo juga bagus dalam membantu serangan. Tercatat ia melepas satu tembakan dan satu umpan kunci.

  1. Fullback Kiri: Leonardo Spinazolla (Italia)

Posisi fullback kanan tim terbaik Grup A versi Whoscored ditempati Spinazolla. Pemain berusia 28 tahun tersebut mendapat nilai 7,4 dari Whoscored.

Sepanjang fase grup, Spinazolla juga menunjukkan kemampuan yang sama bagusnya dalam bertahan dan menyerang. Pemain AS Roma ini mencatatkan 1,5 intersep. Sementara, di aspek penyerangan, Spinazolla juga sempat melepas 2 tembakan dan satu umpan kunci.

  1. Gelandang Kanan: Gareth Bale (Wales)

Di sektor gelandang kanan, Whoscored memilih Gareth Bale. Bintang Timnas Wales ini mendapat nilai 7,1 dari laman statistik tersebut.

Sepanjang fase grup, Bale sempat bermain selama 266 menit. Pemain berusia 31 tahun ini sempat mencetak dua assist dan melepas dua tembakan ke gawang lawan.

  1. Gelandang Tengah: Marco Verratti (Italia)

Salah satu posisi kunci di ruang mesin tim terbaik Grup A versi Whoscored ditempati Marco Verratti. Pemain berusia 28 tahun tersebut mendapat nilai 8,6 dari Whoscored.

Verratti mendapat kesempatan barmain selama 90 menit sepanjang fase grup tersebut. Dalam 90 menit ini, Pemain PSG ini mampu menunjukkan kepiawaiannya di aspek bertahan dan menyerang. Tak hanya mencetak satu assist dan lima umpan kunci, Verratti juga mencatatkan empat takling dan satu intersep.

  1. Gelandang Tengah: Manuel Locatelli (Italia)

Sebagai rekan Verratti di ruang mesin adalah kompatriotnya, Manuel Locatelli. Pemain berusia 23 tahun tersebut mendapat nilai 7,9 dari Whoscored.

Jika Verratti lebih banyak berfungsi sebagai penyeimbang tim, Locatelli lebih banyak membantu sektor penyerangan. Selain mencetak dua gol, pemain Sassuolo ini juga mencetak satu umpan kunci.

  1. Gelandang Kiri: Steven Zuber (Swiss)

Di sektor gelandang kiri, Whoscored memilih Steven Zuber. Pemain Swiss berusia 29 tahun tersebut diganjar nilai 7,3 untuk penampilan apiknya sepanjang fase grup.

Zuber mendapat kesempatan tampil sebanyak 118 menit pada fase grup. Gelandang Eintracht Frankfurt tersebut memanfaatkan kesempatan ini untuk mencetak tiga assist. Selain itu, ia juga mampu melepas tiga umpan kunci.

  1. Striker: Ciro Immobile (Italia)

Ciro Immobile terpilih sebagai salah satu penyerang dari tim terbaik Grup A versi Whoscored. Penyerang Italia ini mendapat nilai 7,8 dari laman Whoscored untuk penampilan ciamiknya sepanjang fase grup.

Dalam fase grup, Immobile sempat bermain sebanyak 171 menit. Pemain berusia 31 tahun tersebut mencetak dua gol dan satu assist dari penampilannya di dua laga tersebut.

  1. Striker: Breel Embolo (Swiss)

Sebagai partner Immobile di ujung tombak penyerangan, Whoscored memilih Breel Embolo. Pemain Timnas Swiss ini mendapat nilai 7,3 dari penampilannya sepanjang fase grup.

Di fase grup, Embolo tampil 266 menit dan mencetak satu gol. Pemain berusia 24 tahun ini juga mencetak satu umpan kunci bagi timnya.