December 9, 2022
Tiongkok Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Info Bola, Ajang Berita – Tiongkok Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023. Konfederasi Sepakbola Asia atau disebut AFC akhirnya memberitahukan secara resmi untuk menjadikan Tiongkok sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Hal itu diputusan dalam Kongres Luar Biasa AFC yang berlangsung di Paris, Prancis, Selasa (4/6) WIB.

Tiongkok Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Ini akan menjadi kedua kalinya Tiongkok berstatus sebagai tuan rumah Piala Asia sesudah sempat menjadi tuan rumah Piala Asia 2004. Saat itu, total tim berjumlah 16. Sebagaimana diketahui, kontestan Piala Asia bertambah untuk pertama kalinya menjadi 24 tim di Piala Asia 2019, yang berlangsung di Uni Emirat Arab, awal tahun ini.

“Pertama saya ingin memberikan selamat pada masyarakat Republik Tiongkok dan Tiongkok Football Federation (CFA) yang mendapat apresiasi menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” ungkap presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, dalam pernyataan resmi AFC.

“Ini merupakan sebuah momen penting bagi sepak bola di Asia dan sekitarnya. Sekarang, sepak bola mempunyai kemungkinan untuk membuka potensi yang ada di negara terdapat di dunia.”

“Kami sudah melihat kebangkitan permainan di bawah arahan dan investasi pemerintahan Tiongkok. Saat ini kami mempunyai peluang melalui Piala Asia ini untuk mengembangkan warisan sejati dalam permainan dunia. Berstatus tuan rumah Piala Asiabakal memberi Tiongkok fasilitas dan infrastruktur yang bagus dalam menggelar turnaman sepak bola,” imbuhnya.

Tiongkok merupakan kandidat tunggal tuan rumah yang tersisa. Itu sesudah tiga negara yang lain, yaitu Indonesia, Thailand dan Korea Selatan mengundurkan diri dari pencalonan pada tahap akhir.