April 16, 2024
Wenger Prihatin dengan Krisis Finansial Klub-Klub Kecil

Info Bola, Ajang Berita – Wenger Prihatin dengan Krisis Finansial Klub-Klub Kecil. Arsene Wenger, kepala pengembangan sepakbola global FIFA, menggambarkan bagaimana situasi yang dialami klub-klub kecil di liga kasta bawah Inggris, memperingatkan bahwa mereka dituntut berjuang setengah mati agar bertahan hidup di tengah pandemi virus corona.

Wenger Prihatin dengan Krisis Finansial Klub-Klub Kecil

Eks manajer Arsenal, yang mencapai status legendaris bersama The Gunners setelah menjabat di London utara selama 19 tahun, sangat berpengalaman dalam dunia sepakbola Inggris.

Setelah melihat situasinya, Wenger tidak memiliki kekhawatiran terhadap klub-klub yang berada di jajaran elite, namun mengkhawatirkan mereka yang berada dalam sistem English Football League (EFL) atau klub-klub di luar naungan Liga Primer.

Wenger menyebut klub-klub kecil sangat bergantung pada pemasukan langsung dari tiket pertandingan untuk memenuhi biaya operasional termasuk gaji pemain, dan mereka akan terkena dampak krisis finansial akibat COVID-19 karena aktivitas sepakbola kemungkinan besar akan berlanjut lebih lama tanpa penonton.

“Ini sangat memprihatinkan karena kita hidup di dunia saat ini yang khususnya difokuskan pada pengelompokan kembali sisi elite dan Anda tahu betul kasus-kasusnya di Inggris,” kata eks juru taktik berusia 70 tahun itu kepada BeIN Sports.

“Di Inggris, liga-liga kasta bawah sedang sekarat. Liga Primer akan bertahan, jadi saya tidak khawatir dengan Liga Primer.”

“Anda lebih khawatir dari 92 klub, Anda memiliki 65 klub yang kehilangan uang dan bermain tanpa penonton, jika mereka membuka stadion mereka akan kehilangan uang untuk menggelar pertandingan. Ini benar-benar di mana sepakbola harus memikirkan kembali, bagaimana kita bisa membantu klub-klub tersebut untuk bertahan hidup.”

“Kita membutuhkan jajaran elite, tapi kita juga membutuhkan dasar bahwa para pemain muda memiliki kesempatan untuk bermain dan di mana kita harus membantu orang-orang tersebut bertahan.”

Setelah kisah bangkrutnya Bury, yang musim lalu berlaga di League One atau kasta ketiga, Wenger memperkirakan akan ada lebih banyak klub berpotensi mengalami hal serupa.

“Saya percaya begitu, ada banyak sekali klub yang hidup dalam kesulitan dan tidak punya cukup uang untuk bisa bertahan hidup. Kemudian Anda sampai pada tahap di mana klub dengan beberapa pemain profesional tidak akan mampu menjadi profesional lagi dan kita akan kehilangan banyak klub,” klaimnya.

Memang, gambaran finansial dari dunia sepakbola di mana pun sekarang menjadi titik utama kekhawatiran.

“Kami menghitung bahwa sepakbola secara keseluruhan akan kehilangan 20% dari pendapatan, katakanlah sepakbola dapat menghasilkan £45 miliar dalam omset di dunia. Kerugiannya akan mencapai £10-14 miliar, itulah kira-kira jumlah keruguan yang akan dialami sepakbola,” lanjut Wenger.

“Itu berarti jika Anda melihat struktur gaji di sebagian besar klub, maka sekitar 60-80% dari omset klub. Jadi, itu berarti hanya menghilangkan pengeluaran gaji pemain yang bisa menyelesaikan masalah finansial.”

“Saya akan mengatakan bahwa situasinya telah membuat klub yang lemah menjadi semakin lemah dan yang kuat menjadi semakin kuat.”

About Author