Info Bola, Ajang Berita – Tinggalkan Sheffield, Aaron Ramsdale Resmi Pindah ke Arsenal. Klub raksasa Inggris, Arsenal, berhasil mendapatkan pemain baru kelimanya di bursa transfer musim panas ini. Dia adalah Aaron Ramsdale, kiper yang sebelumnya memperkuat Sheffield United.

Meski masih berusia 23 tahun, Ramsdale sudah memiliki pengalaman yang cukup lumayan di Premier League. Ia pernah bermain di kompetisi papan atas Inggris tersebut bersama dua klub yang berbeda, Bournemouth dan Sheffield United.

Hanya saja, pengalaman Ramsdale jauh dari kata manis. Pada musim di mana dirinya menjadi kiper utama, baik di Sheffield United maupun Bournemouth, Ramsdale selalu merasakan pahitnya terdegradasi.

Bahkan, Ramsdale sempat merasakan pengalaman bermain di divisi Championship musim ini. Awalnya Sheffield diketahui ingin mempertahankannya, namun pada akhirnya tergoda juga untuk melepasnya ke Emirates Stadium.

Masuk 10 Besar Kiper Termahal

Baik Arsenal maupun Sheffield tidak mengumumkan secara resmi berapa nilai transfer yang disepakati terkait kepindahan Ramsdale. Namun menurut beberapa laporan, diketahui kedua tim menyepakati angka 30 juta pounds.

Nilai di atas tidak dibayarkan secara langsung di muka. Dilansir dari Metro.co.uk, Arsenal akan membayar sebesar 24 juta pounds kepada Sheffield sebagai mahar utama dan enam juta sisanya diberikan dalam bentuk bonus performa.

Angka transfer tersebut cukup untuk membuat Ramsdale masuk ke dalam daftar 10 besar kiper termahal dalam sejarah sepak bola. Harganya setara dengan Jordan Pickford ketika direkrut Everton pada tahun 2017 lalu.

Mikel Arteta Membela

Ketika rumor soal kedatangannya di Emirates Stadium mulai berhembus, fans Arsenal menunjukkan ketidaksukaannya dengan merundung Ramsdale di media sosial. Namun Mikel Arteta selaku pelatih the Gunners memberikan pembelaan.

“Saya pikir mereka akan mencintai kepribadiannya, karakter miliknya, kualitas yang dia miliki sebagai seorang penjaga gawang dan apa yang akan dia tawarkan,” tutur Arteta seperti yang dikutip dari Metro.co.uk.

“Masih ada beberapa berkas yang harus diselesaikan. Tes medisnya pun sudah hampir selesai, jadi ada beberapa hal yang harus diselesaikan bersama Sheffield jadi kami harus menunggu,” pungkasnya.

Dengan ini, Ramsdale berpeluang untuk menunjukkan batang hidungnya di Emirates Stadium ketika Arsenal menjalani laga lanjutan Premier League. Mereka akan bertemu dengan rival sekotanya, Chelsea, pada Minggu (22/8/2021) mendatang.